Asiknya Touring dengan Yamaha NMAX

Jika saya melontarkan sebuah pertanyaan, “Apa yang dicari ketika kita akan membeli sebuah kendaraan, khususnya sepeda motor?” Saya yakin setiap orang akan memberikan penilaian yang berbeda, mulai dari desain yang keren, performa mesin yang tangguh, handling yang mantap, spare parts yang mudah didapat, posisi riding yang nyaman hingga ketersediaan parts aftermarket yang beragam.

Begitupun kami di Tripvenia, juga memiliki penilaian sendiri.

Kami di Tripvenia memiliki hobi untuk menjelajah berbagai macam objek wisata yang dapat dijangkau dengan sepeda motor (atau sebut saja touring). Oleh sebab itu, pemilihan sepeda motor pun tidak boleh sembarangan. Sepeda motor yang kami gunakan harus mampu untuk menunjang segala bentuk kebutuhan kami, mulai dari persiapan keberangkatan, sepanjang perjalanan hingga pulang kembali ke rumah.

Dulu, kami menggunakan sepeda motor jenis sport untuk bepergian. Seiring berjalannya waktu, kami menyadari bahwa ternyata jenis sepeda motor ini bukanlah yang kami inginkan, dan pada akhirnya kami putuskan untuk mengganti sepeda motor ini. Namun, sebelum akhirnya kami dapat menentukan kriteria yang cocok untuk sepeda motor pengganti, kami harus memahami dan memetakan terlebih dahulu masalah yang seringkali kami hadapi saat bepergian. Kami berdua sempat melalui diskusi yang sangat panjang untuk dapat menentukan kriteria sepeda motor yang cocok untuk kami. Sepeda motor yang kelak akan menemani setiap perjalanan kami.

Berikut ini adalah lima masalah yang paling sering kami alami selama di perjalanan.

1. Posisi riding menunduk itu menyiksa.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, dulu kami menggunakan sepedamotor dengan jenis sport untuk bepergian. Jenis ini memang memiliki ground clearance yang tinggi dan mesin yang responsif sehingga performanya sangat bisa diandalkan. Namun sayangnya, posisi riding yang cenderung menunduk bukanlah tipe kami. Tangan dan punggung terasa cepat sekali pegal karena menahan berat badan selama perjalanan. Alhasil, kami sering kali kelelahan sebelum sampai di lokasi tujuan.

Kriteria pertama: posisi riding yang nyaman.

2. Barang bawaan tidak sedikit.

Ketika kami bepergian, seringkali kami harus membawa barang yang jumlahnya tidak sedikit. Kamera, tripod, makanan ringan dan air minum adalah beberapa contoh barang bawaan yang selalu kami bawa dan biasanya kami bawa menggunakan sebuah tas yang cukup besar. Namun, menggendong tas selama perjalanan pun bukan pilihan bijak, pilihan ini lagi-lagi akan membuat kami cepat lelah.

Kriteria kedua: mampu membawa banyak barang.

3. Cipratan lumpur dan kotoran yang berlebihan saat hujan.

Kegiatan luar ruang (outdoor) memang tidak bisa dipisahkan dari cuaca yang tidak menentu. Tidak jarang kami harus melakukan perjalanan saat kondisi hujan, dan hal itu sangat menyebalkan. Kami memang selalu mengenakan mantel saat hari hujan, namun sepatu yang kami kenakan selalu saja terlalu cepat kotor karena cipratan lumpur dan kotoran dari roda yang tidak terhalangi dengan maksimal. Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena akan menimbulkan rasa risih dan juga gatal jika terkena kulit. Kegiatan luar ruang bukan berarti harus berkotor-kotor kan?

Kriteria ketiga: ada penghalang atau pelindung dari cipratan lumpur maupun kotoran.

4. Hempasan angin dari depan itu mengganggu.

Jika kita berkendara dengan sepeda motor, maka sudah kodratnya bahwa pengemudi akan terhempas angin dari arah depan. Namun ketika kita berkendara dalam waktu yang cukup lama, angin dari depan tersebut akan membuat tubuh lebih cepat lelah karena pengemudi akan terus menerus menahan tekanan dari arah depan. Bisakah hal ini diminimalisir?

Kriteria keempat: ketersediaan dan kemudahan untuk memasang windshield (penahan angin).

5. Handling yang berat itu melelahkan.

Terjebak kemacetan adalah salah satu hal menyebalkan yang kerap kami alami. Ditambah lagi jika handling sepeda motor berat dan sulit untuk diajak bermanuver, bisa dipastikan hari itu akan menjadi sebuah bad day. Oleh karena itu, handling yang ringan dan mantap adalah salah satu hal yang kami cari.

Kriteria kelima: handling ringan dan mantap.

Nah, dari kelima kriteria tersebut, bisakah ditebak ke mana pilihan akan kami jatuhkan? 😁

Pilihan kami jatuh pada Yamaha NMAX
Pilihan kami jatuh pada Yamaha NMAX

Dari serangkaian seleksi ketat yang kami lakukan, akhirnya pada bulan Agustus 2016 yang lalu kami sepakat untuk meminang sepeda motor Yamaha NMAX. Apakah Yamaha NMAX sudah memenuhi semua kriteria yang kami tetapkan? Dalam kondisistock memang belum sepenuhnya, namun dengan sedikit modifikasi (yang ternyata partmodifikasinya pun juga disediakan oleh Yamaha sebagai aksesoris resmi untuk Yamaha NMAX) maka jadilah Yamaha NMAX menjadi andalan kami selanjutnya.

Setelah beberapa bulan menunggangi dan mengajaknya touring, inilah yang kami rasakan. Mari kita bahas (lagi 😁) satu-per-satu.

1. Posisi riding yang nyaman.

Beberapa orang mengatakan bahwa Yamaha NMAX bisa dikategorikan sebagai maxi scooter, yaitu sepeda motor dengan transmisi otomatis yang memiliki bodi bongsor. Tahukah apa nilai plus utama dari sebuah maxi scooter? Kenyamanan!

Sekarang, perjalanan jauh bukanlah beban bagi kami. Bahkan, kami sangat menikmati kelokan demi kelokan yang kami lalui sepanjang perjalanan. Hal ini tidak lain karena posisi riding dari Yamaha NMAX yang sangat nyaman bagi kami berdua. Duduk tegak (tidak menunduk ke depan), tangan lurus dan bahkan kaki bisa berselonjor ke depan selama perjalanan. Benar-benar riding experience yang luar biasa menurut kami.

Sebagai selingan, cobalah tonton video di bawah ini. Video ini adalah touring pertama kami menggunakan Yamaha NMAX, bersama dengan rekan-rekan dari komunitas JIMO (Jogja Istimewa Max Owners).

2. Mampu membawa banyak barang.

Sebagai maxi scooter, Yamaha NMAX dibekali dengan bagasi yang sangat lega, yang bahkan mampu menampung sebuah helm fullface, ditambah 2 set jas hujan dan sebuah kain kanebo, hal yang tidak bisa didapat di matic lain. Bagasi yang lapang ini bisa terwujud dikarenakan ukuran bodi Yamaha NMAX yang cukup lebar serta letak tanki bahan bakar yang terletak di depan pengendara, layaknya sebuah motor sport. Praktis, jika kita membuka jok maka tidak ada hal lain yang kita temui di sana selain bagasi yang sangat luas.

Apakah hanya itu? Tidak. Di bagian depan ada sebuah kompartemen yang juga cukup lapang, cukup untuk menaruh botol air mineral berukuran 600ml. Itu artinya, selama perjalanan, saya bisa mengakses air minum dengan sangat mudah tanpa harus membuka tas maupun jok hanya untuk mengambil air minum. Sangat praktis dan nyaman.

Sudah cukup? Belum! Haha.

Yamaha memang sudah membenamkan fitur bagasi dengan ukuran yang sangat luas di sepeda motor ini, namun sepertinya itu masih kurang menurut kami. Kami sudah beberapa kali melakukan touring AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan pengalaman kami membuktikan bahwa masih ada barang bawaan kami yang belum terakomodasi sepenuhnya. Misi kami jelas, yaitu kami tidak boleh menggendong atau memegang tas selama perjalanan karena hal ini akan berakibat pada cepat lelahnya tubuh. Perlu diingat bahwa perjalanan kami adalah perjalanan lintas provinsi yang memakan waktu cukup lama di atas sepeda motor.

Opsi yang kami pilih adalah menambahkan sebuah box di bagian belakang. Beruntungnya, Yamaha menyediakan aksesoris berupa genuine rear rack sebagai bracket pegangan box. Perlu diketahui bahwa rear rack dari Yamaha ini memiliki kekuatan yang sudah benar-benar teruji, sehingga aman jika digunakan untuk perjalanan jauh dengan beban berat. Untuk box yang digunakan, pilihan kami jatuh pada seri Givi E45 yang memiliki kapasitas sangat besar, yaitu 45 liter.

Tidak hanya sampai di situ, box yang kami gunakan juga dipasang sandaran busa agar partner saya lebih nyaman selama perjalanan. Bagasi super lega dapat, sandaran hati pun dapat.

Di video berikut ini, ada satu scene di mana saya memasukkan sebuah tas ransel yang ukurannya cukup besar ke dalam box motor, silakan diputar videonya.

3. Ada penghalang atau pelindung dari cipratan lumpur maupun kotoran.

Penghalang di sini bukan berarti tidak terciprat sama sekali, karena bagaimanapun juga sudah kodratnya terciprat air saat hujan jika mengendarai sepeda motor. Namun, yang kami maksud adalah meminimalisir cipratan yang sampai ke sepatu maupun kaki kami.

Yamaha NMAX sebagai maxi scooter memiliki fitur yang kami cari. Bodi yang lebar di bagian depan dan belakang berhasil menghalau air agar tidak terciprat langsung ke sepatu dan kaki kami. Alhasil, sepatu kami jauh lebih bersih dari lumpur saat hujan jika dibandingkan dengan sepeda motor kami sebelumnya.

Pastinya pernah kan merasakan sepatu menjadi kotor karena terciprat lumpur dari jalan? Yamaha NMAX berhasil meminimalisir itu semua! 😁

Coba saja tonton video ini dan lihat bagian depan kaki, sangat tertutup dan tidak ada akses langsung ke ban depan yang artinya tidak ada cipratan dari ban ke sepatu maupun kaki.

4. Ketersediaan dan kemudahan untuk memasang windshield (penahan angin).

Apa sih windshield atau penahan angin itu? Seberapa penting sih keberadaannya?

Sesuai dengan namanya, windshield berfungsi untuk menahan angin dari arah depan sehingga pengendara tidak langsung terkena angin dari arah depan. Dengan tidak terkena angin secara langsung, badan tidak akan cepat lelah dan pegal lho!

Kok bisa?

Saat kita berkendara, terutama saat berada di kecepatan sedang hingga tinggi, angin akan mendorong tubuh kita ke belakang dengan cukup kuat. Secara alami, tubuh kita akan menyesuaikan dengan menahan (yang berarti mengeluarkan energi ekstra) agar tubuh kita tidak terhempas ke belakang. Hal ini sesuai dengan prinsip aerodinamika. Itulah sebabnya mengapa pembalap motor selalu menunduk ke depan saat sedang berada di lintasan balap. Nah, pada kasus ini, windshield inilah yang akan menggantikan tugas kita untuk menahan angin tersebut. Efeknya adalah berkurangnya energi yang harus kita keluarkan dan kita tidak akan cepat lelah.

Bicara soal windshield, ternyata pihak Yamaha sudah mempersiapkan aksesoris resminya lho! Penggunaan windshield (atau nama part resminya adalah middle screen) dari Yamaha yang memiliki tinggi kurang lebih sekitar 75cm ini menurut rekan saya yang sama-sama pengguna Yamaha NMAX, memang benar-benar terasa sangat nyaman ketika digunakan untuk berkendara. Angin benar-benar tidak terasa dari bagian leher hingga perut.

“Pokoknya nyaman!” Begitu ujarnya.

Kami di Tripvenia memang memiliki rencana untuk memasang windshield ini di Yamaha NMAX yang kami gunakan, namun karena keterbatasan yang kami miliki, rencana barulah sekedar rencana dan untuk saat ini kami masih belum bisa mendapatkannya (siapa tahu pihak Yamaha membaca tulisan ini dan mau memberikan endorsement). 😛

Windshield terletak di bagian depan
Windshield terletak di bagian depan, sayangnya masih belum terpasang windshield 75cm genuine Yamaha

5. Handling ringan dan mantap.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bobot Yamaha NMAX ini tergolong cukup berat dengan berat isi mencapai 127kg. Salah satu hal yang cukup menantang adalah menggeser-geser ketika sedang berada di area parkir. Ini memang konsekuensi yang harus dihadapi jika memutuskan untuk meminang maxi scooter ini.

Namun rasa berat itu hilang seketika ketika kendaraan sudah berjalan. Ini serius. Handling Yamaha NMAX sangat ringan dan mantap sehingga kita bisa tetap lincah walaupun berada di tengah kemacetan. Bahkan, salah satu teman saya yang sempat mencoba Yamaha NMAX ini berkomentar, “lho kok malah lebih enteng ini (handlingnya) dibanding matic 110cc-ku?

Setelah kami cari tahu, ternyata ringannya handling Yamaha NMAX itu disebabkan karena kombinasi rangka, shock breaker serta penempatan tanki bahan bakar dan mesin yang sudah didesain sedemikian rupa. Pertama kali menungganginya, jujur saya langsung takjub dengan ringannya handling yang dimilikinya.

Benar-benar luar biasa!

Handling Yamaha NMAX mantap
Handling Yamaha NMAX mantap (cuplikan dari video Touring ke Kudus). Tuh, botol air minumnya nyembul di kompartemen depan.

Jadi, apa kesimpulannya?

Satu kalimat singkat: Yamaha NMAX benar-benar melebihi ekspektasi!

Nah, jika ada pembaca yang sedang berencana untuk meminang sepeda motor dan mengutamakan kenyamanan di atas segalanya, Yamaha NMAX adalah pilihan yang sangat-sangat tepat. Semua kriteria yang kami cari ada di sana dan ternyata malah jauh di atas ekspektasi kami.

Yamaha NMAX tidak hanya nyaman dipakai untuk berkendara harian, namun juga sangat bisa diandalkan untuk touring jarak jauh dan kami sudah membuktikannya sendiri.

Berani coba?